Pengalaman Mencoba Langsung Toyota i-Road

Pengalaman Mencoba Langsung Toyota i-Road
Seiring dengan perkembangan jaman, kendaraan pribadi kini telah banyak berkembang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Tidak hanya dari segi desain, tapi juga teknologi yang disematkan di dalamnya yang semakin canggih. Salah satunya adalah Toyota i-Road yang diperkenalkan pertama kali pada 2012 lalu, namun memulai debutnya pada ajang Paris Motor Show 2014 lalu. Kendaraan dengan konsep PMV (Personal Mobility Vehicle) memiliki dimensinya yang kecil. Bahkan hanya mampu memuat satu orang saja ke dalam kabinnya.

Toyota i-Road merupakan special exhibit yang sengaja ditunjukkan sebagai alat perantara untuk menyampaikan informasi teknologi ramah lingkungan kepada para konsumen pecinta otomotif.

Beberapa media Indonesia pun diberikan kesempatan untuk hadir di Jepang dalam rangka mencoba kendaraan mungil tersebut, dalam sebuah ruangan tertutup yang berlokasi di paddock Fuji Speedway.

Toyota i-Road memiliki dimensi mobil yang tidak terlalu besar dan bisa dibilang cukup kompak. Namun hanya memiliki satu tempat duduk, yaitu untuk pengemudi saja karena mobil ini memang hanya mampu menampung satu orang saja. Mesinnya menggunakan tenaga istrik, yang mampu digunakan hingga jarak 50 km, dengan penggunaan mode eco.

Memiliki bodi mobil yang lebarnya 870 mm, i-Road dapat dengan mudah mendapatkan tempat parkir. Menggunakan i-Road, anda juga tak perlu khawatir akan terguyur hujan dan tak perlu menggunakan helm ketika mengendarai.

Kemudian, Toyota i-Road tidak dilengkapi dengan sistem pendingin dan pemanas ruangan kabin, hanya memiliki sebuah kaca samping pintu yang di operasikan secara manual. Meski tidak ada tuas transmisi, mobil ini sudah dilengkapi dengan tombol D, R, dan P saja. Sementara konektor USB bisa digunakan untuk charger android.

Toyota i-Road dibuat dengan konsep urban mobility. Di mana tunggangan roda tiga ini menawarkan kombinasi kelebihan kelebihan yang dimiliki mobil dan sepeda motor. Mengendarai mobil i-Road ini diibaratkan seperti sedang bermain ski es. Semakin sering menggunakannya, i-Road akan terasa semakin menyenangkan.

Cara mengoperasikannya juga tidak sulit, sama halnya seperti kendaraan roda empat pada umumnya. Terdapat pedal gas dan rem saja, sementara untuk rodanya memiliki dua buah roda di depan, dan satu buah dibelakang. Nah, roda belakang inilah yang bertugas memberikan arah belok i-Road.

Untuk ukuran kendaraan yang kecil, akselerasinya cukup responsif. Saat berbelok, cukup tajam dan stabil. i-Road akan memiringkan bodi ketika melakukan manuver belok. Sayangnya, Autocar hanya diberikan kesempatan dua putaran saja untuk mengitari sirkuit mini buatan. Kedepannya kendaraan ini akan terus di kembangkan, akan menjadi salah satu kendaraan angkut yang sangat flexible.

Nah, berikut ini spesifikasi dari Toyota i-Road:

Dimensi          : 2.345 / 870 / 1.455 mm
Wheelbase     : 1.695 mm
Mesin             : 2 mesin listrik
Tipe Battery    : Lithium-Ion
Kecepatan      : 60 kpj
Ban                 : 80/90-16 (depan), 12/90-10

Sumber : http://www.autocarindonesia.com/

 

Berita Terkait

Comments

comments